Etawa Semeru


Etawa Semeru merupakan komunitas peternak yang sedang menggeliat bangkit untuk peduli terhadap pemuliaan ras kambing unggul lokal Etawa Senduro, komunitas peternak ini berbasis dari Jaringan Petani Lereng Semeru yang selama ini di fasilitasi oleh Yayasan Pengembang Kreatifitas Generasi Muda Lumajang (YPKGM)


Saat ini Bekerjasama dengan Direktorat Pembinaan Kursus dan Kelembagaan Ditjen PNFI menyelenggarakan Program Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM) melalui Pelatihan Dasar Aplikatif Ternak Kambing PE dalam mendukung Pertanian Berkelanjutan

Senin, 08 November 2010

Pembukaan Program PKM 2010 secara resmi oleh Kabid PLS Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang


Kegiatan dalam rangkaian Program PKM 2010 sebenarnya tlah berlangsung sejak sebulan yang lalu diantaranya sosialasi, kegiatan pemetaan kebutuhan peserta PKM, study lapang ke kandang peternak, study banding ke kandang bambu management maupun persiapan pembenahan kandang kelompok. 


Adapun kegiatan PKM 2010 yang bertema "Pelatihan Dasar Aplikatif Ternak Kambing PE dalam mendukung Pertanian Berkelanjutan" secara resmi dibuka pada hari selasa 2 Nopember 2010 oleh Ibu Dra. Soeryati, MM Kabid PLS Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang dengan didampingi oleh Penanggungjawab Program PKM yakni Drs. Hendro Iswahyudi selaku Direktur YPKGM dengan disaksikan perwakilan dari Kantor Peternakan Kab. Lumajang, Narasumber Pelatihan dan semua peserta PKM.

Selain acara pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi pelatihan oleh narasumber yaitu Bp. Arief  dan Bp. Wawan keduanya dari mitra kandang bambu management yang selama ini membantu mendampingi peserta PKM 2010 utamanya berkaitan dengan materi wirausaha ternak kambing PE.


Peserta PKM tampak sangat bersemangat dan antusias mengikuti materi yang dibawakan narasumber bahkan aktif mengalirkan pertanyaan disela sela materi, dan sharing ini sebagai warming up sebelum nantinya para peserta akan secara langsung belajar aplikasinya nanti di lapangan.


Pemberian materi ini sesungguhnya merupakan pembekalan awal bagi peserta PKM 2010 untuk terjun secara lebih fokus dan mendalam dalam wirausaha ternak kambing PE khususnya ras etawa senduro yang menjadi pilihan mereka untuk meningkatkan keberdayaan dan kesejahteraannya.

Bagi pemerhati yang mengikuti tulisan ini semoga dapat menjadi media sharing dan jangan ragu atau sungkan untuk memberikan kritik dan masukan demi keberlanjutan wirausaha ternak kambing PE dimasa yang akan datang, terimakasih dan Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

2 komentar:

  1. salam kenal dari kami peternak etawa senduro di pekanbaru riau

    BalasHapus
  2. Maju terus dunia Peternakan Indonesia, Lumajang khususnya ...

    BalasHapus

È